Semangat Solusi

Alloh Swt. berfirman, “Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.” (QS. Asy Syuraa [42] : 38)

Dalam hidup bersosial, bahkan dalam lingkungan sosial yang kecil sekalipun, selalu saja ada masalah yang terjadi. Bisa karena faktor dari dalam maupun dari luar. Hal yang penting kita yakini bahwa masalah terjadi pasti atas izin Alloh Swt. Dan, masalah hadir sebagai sarana bagi kita untuk beribadah kepada Alloh. Oleh karena itu, janganlah fokus pada masalahnya, akantetapi fokuslah pada jalan keluar atau solusinya.

Fokus pada masalah hanya akan membuat kita terjebak pada kesibukan membicarakan masalah tanpa solusi, bahkan bisa menjerumuskan kita pada kesibukan mencari-cari kambing hitam. Padahal hal itu tidak membuat masalah selesai. Pelajarilah masalah dengan hati yang jernih kemudian fokuslah dalam mencari jalan keluarnya. Dan, salah satu jalan menemukan solusi adalah dengan bermusyawarah.

Bermusyawarahlah karena ini adalah bagian dari ajaran Islam. Alloh Swt. menyukai hamba-hamba-Nya yang menempuh jalan musyawarah dalam menyelesaikan permasalahan mereka. Hindari sikap otoriter dan egois dalam mencari jalan keluar dari suatu masalah. Hargailah pikiran, pendapat dan upaya orang lain. Terlebih jika masalah yang kita hadapi adalah urusan bersama, bukan urusan pribadi.

Dalam ayat ini kita bisa membaca bahwa Allah menyandingkan musyawarah dengan ibadah-ibadah lain yaitu sholat, infaq. Kalimat pada bagian awal ayat ini juga lebih menegaskan bahwa musyawarah adalah jalan yang ditempuh oleh orang-orang yang taat kepada Alloh.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*