Sekilas Masjid Daarut Tauhiid

Sekilas Masjid Daarut Tauhiid

Perluasan masjid dianggap penting dan sangat dibutuhkan. Meningkatnya jumlah jamaah dan peran strategis masjid yang tidak sekedar tempat beribadah, menjadi faktor penyebabnya. Masjid Daarut Tauhiid memang dikenal sebagai salah satu masjid dengan aktivitas jamaah yang padat. Selain shalat lima waktu berjamaah yang harus antri bergiliran, aktivitas keagaamaan juga selalu berjalan “hidup” di masjid ini.

Sejak dua tahun belakangan ini, kapasitas Masjid Daarut Tauhiid sudah tidak mampu menampung jamaah yang beribadah, ketidaknyamanan menjadi keluhan yang sering disampaikan. Padahal, masjid sebagai representasi dari rumah Allahseyogyanya menjadi tempat yang nyaman untuk beribadah. Dengan adanya tambahan lahan wakaf seluas 380 m2, sehingga total luas Masjid DT menjadi 2.866 m2 , permasalahan tersebut semoga dapat segera diatasi.

Masjid Daarut tauhiid diharapkan berperan strategis menjadi model pengelolaan masjid yang profesional di Indonesia. Yakni bagaimana masjid difungsikan sebagaimana layaknya zaman Rasulullah. Masa ketika masjid berfungsi bukan sekadar tempat beribadah saja, namun juga sebagai madrasah atau pusat pendidikan umat. Melalui perluasan masjid, akan dibangun ruang-ruang kelas, perpustakaan, roof garden. Semua fasilitas itu dapat mendukung Masjid Daarut Tauhiid sebagai sebuah tempat layaknya Institut.

Masjid Daarut Tauhiid akan menjadi miniatur masjid di Indonesia yang dikelola secara baik, benar dan mandiri. Menjadi role model pengelolaan masjid yang mengedepankan aspek manajemen profesional dan dapat menghilangkan kesan pengelolaan masjid yang tidak mandiri atau tergantung uluran tangan dari pihak lain. InsyaAllah.

 

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*