Jangan Lupakan Kebaikan Orang sekecil Apapun

Saudaraku, ada dua hal yang mesti kita ingat. Yaitu, kebaikan orang lain kepada kita, dan keburukan kita kepada orang lain. Namun, ada dua hal juga yang harus kita lupakan. Yaitu, kebaikan diri kita kepada orang lain, dan keburukan orang lain kepada kita.Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa tidak berterimakasih kepada manusia, maka dia tidak bersyukur kepada Allah.” (HR. Tirmidzi).

Mengapa demikian? Karena yang membahayakan diri kita itu bukanlah perbuatan orang lain. Demikian juga yang memberikan kebaikan kepada diri kita bukanlah perbuatan orang lain. Yang mendatangkan kebaikan dan keburukan kepada diri kita ini adalah perbuatan kita sendiri.

Sehingga, dua hal yang penting adalah mengingat kebaikan orang lain kepada kita dan mengingat keburukan kita kepada orang lain. Dengan mengingat keburukan kita kepada orang lain, maka kita senantiasa ingat untuk bertobat dan meminta maaf kepada yang bersangkutan. Dan, kita pun termotivasi untuk terus memperbaiki sikap kepada orang lain.

Sedangkan mengingat kebaikan orang lain terhadap kita, membuat kita senantiasa bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada orang tersebut. Kita pun termotivasi untuk memberi kebaikan pula terhadapnya, meskipun ia tidak pernah mengharapkannya.

Karena sesungguhnya mengucapkan terima kasih dan membalas kebaikan kepada orang lain yang telah berbuat baik kepada kita, adalah salah satu bentuk syukur kita kepada Allah SWT.
Sebagaimana Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang telah berbuat kebaikan kepada kalian, hendaklah kalian membalasnya. Jika kalian tidak mampu membalasnya, maka berdoalah untuknya, hingga kalian tahu bahwa kalian telah bersyukur. Allah adalah Dzat Yang Mahatahu Berterimakasih dan sangat cinta kepada orang-orang yang bersyukur.” (HR. Thabrani)
Semoga kita bisa menjadi orang yang pandai bersyukur dan berterima kasih. Aaammiin

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*