Alloh yang menguasai Hati

Rosululloh Saw. seringkali mengulang-ulang doa ini, “Ya muqollibal qulub tsabbit qolbi ‘alaa diinik (Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu).” Ummu Salamah pernah menanyakan kepada Rasulullah Saw., kenapa doa tersebut sering beliau baca. Rosululloh Saw. bersabda, “Wahai Ummu Salamah, yang namanya hati manusia selalu berada di antara jari-jemari Alloh. Siapa saja yang Alloh kehendaki, maka Alloh akan berikan keteguhan dalam iman. Namun siapa saja yang dikehendaki, Alloh pun bisa menyesatkannya.” (HR. Tirmidzi)

Saudaraku, mengapa kita perlu memanjatkan doa ini kepada Alloh Swt.? Karena nikmat iman dan nikmat Islam adalah karunia Alloh kepada kita. Sungguh sangat mudah bagi Alloh untuk menarik kembali nikmat tersebut dari diri kita. Mungkin ada yang bertanya, “Mengapa Alloh berbuat zholim dengan mengambil iman dan Islam dari hati kita?!” Sungguh Alloh mustahil berbuat zholim kepada hamba-Nya. Iman dan Islam bisa tercerabut dari hati kita disebabkan kita menganggap remeh dosa dan jauh dari taubat. Na’udzubillaahi mindzalik!

Oleh karena itu, marilah kita deraskan doa kita kepada Alloh, meminta kepada-Nya agar dikuatkan iman dan Islam  di dalam hati kita. Diiringi dengan menjaga kualitas ibadah, menjauhi dosa dan segera bertaubat manakala iman kita goyah atau kita sempat tergoda syaitan untuk berbuat dosa.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*